-->

Cara tips mengurangi kutu putih di tanaman cabai

Sebal rasanya kalau cabai yang ditanam dari biji dan disayang hingga besar dan berbuah banyak tiba-tiba diserang hama kutu putih (aphids), daun jadi keriting dan bunga yang siap jadi buah juga tiba-tiba rontok.
Lalu enaknya gimana ya, kalau merasa sayang dibasmi dengan pestisida ayok kita basmi dengan cara pekebun dodol. Siapa tahu bisa diteramkan pada tanaman kamu di rumah.

pertama
gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai, lalu sikat batang pohon, hati-hati jangan sampai patah ya.
untuk ranting dan bagian tumbuhan yang masi kecil sebaiknya jangan gunakan cara ini. lanjut ke nomor dua.

kedua
bawang putih bukan cuma untuk bumbu dapur, tapi berkhasiat mengusir kutu dan hama tanaman juga. caranya tumbuk/ haluskan bawang putih, masukkan wadah, beri air, saring, airnya masukkan botol penyemprot, dan tambahkan 4tetes sabun pencuci piring. aplikasikan pada tanaman, selang setengah jam semprot tanaman dengan air bersih. ulangi lagi besoknya dengan cara yang sama dan cairan baru.

ketiga
ga ada bawang putih? coba pakai lada putih, campurkan dengan cabe rawit yang super pedas, haluskan keduanya, beri air, saring dan masukkan botol penyemprot. lalu semprotkan merata di daun dan batang yang terkena kutu aphids.

keempat
malas cari bahan-bahan dapur yang ditulis di atas? kalau begitu pakai jari-jari tangan saja, cara ini saya terapkan di daun-daun yang dipenuhi kutu, jadi saya usap dan bersihkan secara manual lalu disemprot air bersih. minimal 2 hari sekali karena hama aphid pasti akan kembali.

kelima
cara ini benar-benar alami tapi agak sulit menurut saya. yaitu cari predator alami aphids, apa saja predator dari alam yang bisa memangsa aphid?
-neuroptera atau serangga bersayap jaring
-laba-laba kepiting
-kutu larva nyamuk
-tawon parasit
-lalat bunda
-ladybug

Oke gimana, kalau ada yang punya saran lain mari berbagi, saling membantu sesama pekebun.

Selamat membasmi kutu ya

0 Response to "Cara tips mengurangi kutu putih di tanaman cabai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel