-->

Bayam, Sayur Kesukaan Popeye yang Kaya Manfaat

1 pot bayam merah
Apa yang Popeye lakukan kalau hampir kalah melawan Brutus? Pasti semua tahu jawabannya. Popeye akan memakan 1 kaleng spinach atau bayam dan tiba-tiba menjadi kuat. Padahal spinach dan bayam sebenarnya adalah tanaman yang berbeda. Tapi kali ini saya akan membahas tentang bayam pada umumnya.

1 pot bayam hijau yang siap dikonsumsi

Meski banyak anak-anak tak menyukai sayuran tapi bayam tidaklah terlalu berasa/ bertekstur jika dimakan. Jadi kalau bisa selipkan sayur ini dalam menu makanan anak-anak karena gizinya yang baik untuk pertumbuhan. Nah, apa saja kandungan dalam bayam, mari kita cari tahu.

Bayam masuk dalam genus Amaranthus, aslinya berasal dari Amerika dan biasa dikonsumsi daunnya. Bisa disayur, dibuat sup atau digoreng tepung. Di Indonesia bayam yang berwarna hijau lebih populer ketimbang yang berwarna merah, meski sekarang mudah juga mendapatkan bayam merah di supermarket lokal, tapi tentu harganya sedikit lebih mahal dibanding bayam hijau.

Disebutkan dalam situs www.innovateus.net, bayam (dalam hal ini diterjemahkan chinese amaranth) memiliki manfaaf kesehatan sebagai berikut:
- menyediakan tenaga: mengandung karbohidrat, protein, vitamin K, folat, riboflavin, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C, daun bayam dapat meningkatkan tenaga dalam tubuh.

- mencegah ketidakseimbangan elektrolit tubuh

- sumber diet bebas gluten: daun bayam hijau menyediakan 30% protein lebih banyak dengan komposisi lengkap amino acid, dibanding sumber makanan lain seperti oat, beras dan gandum.

- meningkatkan daya cerna

- membantu program diet

- mengurangi kolesterol jahat

- baik untuk penderita anemia

- mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular

- melawan kanker

- bahan dalam pengobatan ayurweda

- membantu mengurangi kerontokan rambut dan memperlambat faktor rambut beruban

- mencegah kekurangan kalsium pada sendi

- meningkatkan daya penglihatan

Tak banyak orang tahu bahwa selain daunnya, bayam juga dibudidayakan untuk diambil bijinya, yang tidak hanya akan dijadikan benih penanaman bayam kembali tapi juga untuk konsumsi sebagai cereal karena biji bayam mengandung sumber gizi yang berharga.

Menanam bayam tidaklah sulit, berikut langkah-langkahnya:
1. sediakan tanah yang steril dan semprotkan air pada tanah tersebut agar lembap tapi jangan sampai becek.
2. taburkan benih bayam di tanah yang sudah disiapkan tadi, lalu tutup taburan benih dengan tanah kering tipis-tipis saja.
3. benih bayam akan menarik semut datang, untuk menghindari gagal penyemaian karena semut beri/ goreskan kapur semut sedikit di atas batas tanah (jika menanam di pot)
4. semprot benih bayam yang ditanam dengan sprayer setiap hari supaya benih tidak rusak, maka dalam 2-4 hari akan terlihat berkecambah
5. letakkan pot di tempat yang terkena cahaya matahari dengan baik, karena bayam suka sekali mandi sinar matahari dan akan lebih cepat tumbuh meski panas terik.

Jika ingin mendapatkan hasil bayam yang cukup untuk konsumsi tanam saja bayam di beberapa pot dan bayam bisa dipanen sekitar 20-35 hari setelah tanam.

Selamat berkebun ^^

0 Response to "Bayam, Sayur Kesukaan Popeye yang Kaya Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel