-->

Buah Campolay Alias Sawo Mentega yang langka di Indonesia

Buah Campolay (fruitnesia.com)
Campolay, selama ini saya tahunya cuman nama merek sirup dari Cirebon yang enaaak banget rasanya. Eh ternyata aslinya nama buah yang beneran ada loh.

Campolay punya nama latin Pouteria campechiana. Di dunia barat sering disebut canistel atau egg fruit, sementara itu di sini disebut sawo mentega/sawo ubi/sawo belanda/alkesah.

The canistel adalah tanaman asli Meksiko selatan dan Amerika Tengah, yang juga dibudidayakan di Brasil, Taiwan, Vietnam, Indonesia, Sri Lanka dan Filipina untuk buahnya. The canistel alias campolay bisa tumbuh hingga 10 meter dan menghasilkan buah yang disebut sapote kuning, panjangnya hingga 7 sentimeter, yang dapat dimakan mentah.

Buah campolay yang sudah matang kira-kira seukuran apel, berwarna kuning menjurus ke orange. Daging campolay itu manis, dengan tekstur yang sering dibandingkan dengan kuning telur rebus, makanya dijuluki "buah telur".

Nutrisi dominan yang terkandung dalam campolay yaitu vitamin A sebanyak
2,000 iu/100 g, selain itu ada pula kandungan protein (2.5%) dan vitamin C (43mg/ 100g).
pohon campolay (fruitnesia.com)
Sebagai tanaman tropis, Campolay dapat tumbuh baik di iklim tropikal yang cenderung panas dan kering serta curah hujan sedang. Akarnya dapat beradaptasi baik di tanah berpasir atau tanah liat, namun di tanah yang memiliki drainase air yang baik dan kandungan organik yang tinggi tentunya membuat pertumbuhan pohon Campolay lebih maksimal dan menghasilkan buah yang lebih baik juga.

Di Indonesia, Alkesah/Campolay bisa ditemukan di kedai buah sekitar kebun binatang Ragunan. Buah Campolay bisa dinikmati langsung ketika matang dengan tekstur seperti ubi rebus atau tapai singkong. Atau juga diolah terlebih dahulu menjadi selai, puding, jus, milkshake, kue, atau smoothie. 

Berikut resep smoothie buah campolay
  1. Kerok buah campolay dan campurkan 1/2 gelas susu dingin ke dalam blender
  2. Masukkan 1 scoop  es krim vanilla dan haluskan ketiga bahan tersebut.
  3. Sajikan di gelas.
Smoothie campolay ini pasti nikmat disantap siang hari saat cuaca sedang terik. 💓

0 Response to "Buah Campolay Alias Sawo Mentega yang langka di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel