-->

Cabai, si pedas yang membangkitkan selera

sumber wikipedia
Pedas, ya itu memang ciri khas cabe pada umumnya. Rasa pedas yang muncul karena ada capsaicin/ kapsaisin dalam biji cabe adalah senyawa kimia yang menimbulkan rasa panas dan otak mengenalinya sebagai rasa terbakar (hanya rasa) seperti kalau kulit kita terkena api.

carolina reaper (wikipedia)
Tingkatan pedas cabe diukur dan diberi nama skala scoville.
Lalu cabai apakah yang dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia? Beda sumber akan beda hasilnya. Tapi menurut Los Angeles times, cabai terpedas dipegang oleh Carolina reaper yang berskala 2.200.000

Di bawahnya carolina reaper ada cabai yang pedasnya hampir setara yaitu Trinidad Moruga, Bhut Jolokia, Naga Morich.


Bayangkan saja jika cabai setan yang biasa jadi bahan sambal hanya berskala 5000 digantikan cabai sepedas itu, bisa terbakar lidah kita. Huh Hah!!!
beberapa varian cabai (wikipedia)
Orang Eropa dan Amerika umumnya kurang menyukai rasa pedas pada masakan, fakta ini betul tidak ya? Pekebun dodol hanya tahu sedikit dari beberapa teman bule yang memang menghindari cabai, meski yang tinggal dekat Mexico mungkin sedikit terpengaruh Mexican Food yang banyak terasa pedas. Keluarga cabai yang paling sering jadi bahan masakan di dunia barat ya paprika. Warna-warni pada paprika sangat menggoda, ada paprika merah, kuning, hijau dan bahkan ungu.


Sedangkan masyarakat Asia seperti Malaysia, Thailand, Indonesia terbiasa menghidangkan sambal dan olahan pedas di setiap kesempatan. Bahkan rendang dan tom yum jadi masakan pedas yang mendunia.

Menanam cabai sebenarnya tidak sulit karena yang penting banyak terkena cahaya matahari dan penyiraman setiap hari. Cabai sangat bisa ditanam di pot atau langsung di tanah. Tapi, banyak juga tantangan menanam cabai. Hama yang sangat sering menyerang petani cabai adalah hama ulat, hama tungau, hama kutu daun, dan hama thrips. Sementara itu penyakit juga ada penyakit busuk pada buah, penyakit bercak daun, penyakit layu, kuning dan keriting pada daun. (akan pekebun dodol bahas lain kali)

Cabai bahkan juga digunakan dalam pengobatan loh. Elemen pedas cabe yaitu capsaicin jadi bahan obat kanker prostat,diabetes,pereda rasa nyeri (seperti pada koyo cabe),dan herpes. Untuk herpes, senyawa capsaicin dipercaya dapat membunuh virus herpes.

Itulah sedikit ulasan dari cabai, si pedas yang punya banyak manfaat selain untuk menambah selera makan kita.

0 Response to "Cabai, si pedas yang membangkitkan selera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel