Fakta Kelor Alias Moringa Oleifera

Kelor ... nama tanaman yang sangat populer karena sering diucapkan orang "dunia tak selebar daun kelor", memang punya daun yang berukuran kecil. Tapi tahukah kamu kalau kelor punya manfaat yang sangat luar biasa.

Di dunia magis, konon katanya kelor bisa 'merontokan' ilmu dan kesaktian seseorang. Tapi yang satu ini saya ga tahu pasti lha wong bukan dukun, haha. Tapi di dunia barat, kelor atau yang punya nama latin Moringa Oleifera disebut sebagai miracle tree alias pohon ajaib.

Nah mari kita mulai kulik kenapa kelor sampai dapat predikat sebagai pohon ajaib.
1. Seluruh bagian dari tanaman kelor bisa dimanfaatkan, baik itu daun, akar, bahkan sampai kulit kayunya.

2. Tanaman kelor tidak rakus unsur hara, sehingga bisa tumbuh di area yang panas dan kering, bahkan di wilayah yang tandus.

3. Kelor diduga berasal dari pegunungan Himalaya dan India, kemudian menyebar ke benua Afrika dan Asia.

4. Kadar vitamin A dan C pada kelor sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi anak-anak.

5. Untuk mengobati luka, daun kelor bisa ditumbuk dan ditempelkan pada luka karena kelor mengandung antibiotik.

6. Biji kelor mampu menjernihkan air yang keruh. Hal ini sudah dibuktikan pada beberapa sungai, kolam dan danau oleh urusan Teknik Lingkungan ITB dan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman di Samarinda.

Hal tersebut disebabkan biji kelor mengandung zat aktif rhamnosyloxy-benzilisothiocyanate, yang mampu mengabsorbsi dan menetralisir partikel-partikel lumpur serta logam dalam air limbah atau air keruh. Sekalipun air keruh kecokelatan penuh partikel lumpur bisa menjadi jernih dan layak dikonsumsi berkat biji kelor.

7. Akar dari tanaman kelor mampu menahan dan menyimpan air hujan meski curahnya sangat minim dan menjadi tabungan air bagi sekitarnya saat musim kemarau datang. 

0 Response to "Fakta Kelor Alias Moringa Oleifera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel