-->

8 Alasan Kamu harus Makan Tomat Lebih Banyak

Buah berwarna merah ini, meski terkadang tampil dengan warna kuning atau hijau, atau ada juga yang ungu, bahkan ada yang berwarna orange bergaris, memiliki banyak manfaat dalam kesehatan.
tomat itali
tomat itali pekebun dodol

Bisa dikonsumsi langsung secara mentah sebagai salad atau lalapan, atau yang tidak suka mentah bisa dimasak dulu jadi sup, campuran masakan tumis,  atau selipkan di hamburger, bahkan bisa di blender sebagai minuman jus.
tomat golden gem
tomat golden gem pekebun dodol
Apapun cara makan/minumnya, tomat memiliki banyak khasiat kesehatan. Dan inilah 10 alasan kenapa kamu harus makan tomat lebih banyak:
1. Tomat baik untuk kulitmu
Kandungan lycopene yang tinggi dalam tomat bermanfaat untuk kulit. Lycopene juga dijadikan salah satu bahan dalam beberapa pembersih wajah yang ada di pasaran, beberapa pembersih tersebut bahkan berharga mahal.
Kalau tak ingin membeli facial cleanser yang mengandung lycopene, gunakan saja tomat di dapur, kupas kulitnya dan iris, lalu tempelkan irisan tomat ke wajah, diamkan selama 10 menit lalu bilas. Wajahmu akan terasan bersih dan bercahaya, jangan khawatir jika sedikit berwarna merah karena tomat, warna itu pasti akan memudar.

2. Tomat sebagai pencegah beberapa tipe kanker
Sejumlah penelitian telah dilakukan yang menunjukkan bahwa kandungan lycopene tingkat tinggi dalam tomat bekerja untuk mengurangi peluang anda terkena kanker prostat, kolorektal dan kanker perut.
Lycopene adalah antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Tomat yang dimasak juga tetap mengandung lycopene, jadi tak masalah memasak sepanci sup tomat jika kamu suka.

3. Tomat membantu menjaga kekuatan tulang
Tomat mengandung sejumlah besar kalsium dan vitamin K. Kedua nutrisi ini sangat penting dalam memperkuat dan melakukan perbaikan kecil pada tulang serta jaringan tulang.

4. Tomat membantu perbaikan kerusakan yang disebabkan merokok
Bukan berarti tomat bisa membantu seseorang berhenti merokok, tapi kandungan asam coumaric dan asam chlorogenic akan bekerja melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan dari asap rokok.

5. Tomat menyediakan antioksidan
Tomat mengandung banyak vitamin A dan vitamin C dan beta-karoten sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas berbahaya dalam darah. Radikal bebas dalam aliran darah berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan sel. Konsumsilah tomat merah secara mentah, karena vitamin C dapat rusak jika tomat dimasak.

6. Tomat baik untuk hati mu 
Tomat juga mengandung kalium dan vitamin B, mereka efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, dengan memasukkan tomat dalam diet seimbangmu, kamu dapat secara efektif mencegah serangan jantung, stroke serta banyak masalah lain yang terkait jantung yang menancam hidupmu.

7. Tomat baik untuk mata mu
Tentu saja tomat juga mengandung banyak vitamin A yang mencegah rabun malam dan meningkatkan ketajaman mata.

8. Tomat baik untuk rambut mu
Vitamin yang terkandung dalam tomat juga membuat rambut tetap kuat dan bercahaya.

Jadi, mulai sekarang tambahkan sedikit tomat dalam hidanganmu ya. Tak ada salahnya menanam sendiri di pot atau pekaranganmu.

0 Response to "8 Alasan Kamu harus Makan Tomat Lebih Banyak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel