Fakta Nutrisi Buah Cranberry


Cranberry atau kranberi adalah buah yang dihasilkan oleh tanaman semak seperti juga buah blueberry. Buah imut yang warnanya merah menggoda ini aslinya berasal dari Amerika dan umumnya dipanen pada bulan September dan Oktober. Biasanya orang Amerika menggunakan cranberry sebagai pelengkap hidangan di hari perayaan tertentu seperti thanksgiving.

Di Indonesia sendiri buah cranberry masih jarang dijual. Jika ada di supermarket kota besar pun kita tidak akan menemui buah cranberry segar,tapi berbentuk buah kering yang dikemas dalam kotak plastik.

Fakta Nutrisi

Buah cranberry termasuk dalam buah super yang memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh manusia seperti:
vitamin C - mengandung antioksidan yang menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh
vitamin E - mengandung antioksidan yang dapat larut lemak dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh
Serat pangan - menjaga sistem pencernaan, mengurangi resiko serangan jantung, stroke, gula darah, kegemukan
vitamin K
magnesium
asam folat
vitamin B-12
vitamin A
potasium
polifenol - menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung
flavonoid berjenis pro-anthoyanidins



Manfaat buah cranberry sangatlah banyak, diantaranya:

- mencegah penyakit kanker

- mencegan penyakit jantung

- mencegah penyakit diabetes/ kencing manis

- mencegah maag dan melancarkan pencernaan

- menghindarkan tubuh dari tekanan darah tinggi dengan melancarkan aliran darah dan menstandarkan HDL

- mencegah dan meredakan gejala infeksi saluran kencing

- menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

- mengurangi keriput dan membuat kulit lebih kencang

- dapat sebagai salah satu alternatif mengatasi keracunan

- membantu diet


Muffin cranberry
Cara mengkonsumsi buah cranberry bisa dimakan mentah, tapi jika tidak suka bisa juga diolah menjadi berbagai macam panganan seperti campuran smoothies, jus cranberry, toping kue dan cake, selai, puding atau dibuat muffin.

Khusus untuk penyakit infeksi saluran kencing, mengkonsumsi cranberry sangatlah membantu membersihkan bakteri E.Coli yang menempel pada dinding pencernaan dan membantu membuangnya melalui air seni.

Kemampuan Cranberry ini sudah dibuktikan secara klinis sehingga di pasaran terdapat serbuk minuman berisi cranberry dan probiotik untuk membantu mengurangi gejala anyang-anyang saat mengalami infeksi saluran kencing.
Lebih lanjut mengenai anyang-anyangan dan serbuk cranberry: Bebaskan Diri dari Anyang-anyangan dengan Prive Uricran

Menanam cranberry:
Pohon cranberry paling baik ditanam di negara dengan iklim dingin, meski di negara sub tropis juga bisa tumbuh.

Negara tropis seperti Indonesia nampaknya kurang cocok sebagai habitat hidup pohon cranberry, tapi mungkin bisa saja jika dikondisikan di daerah dataran tinggi.

Pohon cranberry memerlukan tanah berPH rendah namun kaya unsur organik. Sehingga tanah yang digunakan menanam lebih baik diganti secara berkala daripada mengolahnya di tempat.

Bila kita menanamnya dari biji tentu akan lama mencapai tahap siap berbuah. Tapi jika berasal dari stek usia 1 tahun kemungkinan besar pada tahun ketiga sudah mulai berbuah.

Saat waktunya panen, buah cranberry matang bisa disimpan dalam wadah kedap udara di kulkas selama 2 minggu.

Jika diolah jadi selai bisa tahan 1 bulanan. Dan jika dikeringkan seperti kismis maka bisa bertahan kurang lebih 1 tahunan.

0 Response to "Fakta Nutrisi Buah Cranberry"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel