-->

Sayuran bengkak si Kohl Rabi

Sayuran ini belum pernah terlihat dijual secara fresh di Indonesia, makanya pekebun dodol penasaran ingin memanen suatu hari nanti. Kelihatannya warna ungunya cakep banget. dan bisa ditanam di pot juga.

Ini foto kohl rabi modrava ku


kohl rabi
foto koleksi pribadi

Tahukah kamu nama Kohl berasal dari bahasa jerman yang berarti kubis, sedangkan Rabi dari varian bahasa Swiss Jerman yang artinya lobak. Dinamakan seperti itu karena batangnya bengkak sehingga menyerupai batang lobak. Dan sayuran ini sangat umum di negeri-negeri berbahasa Jerman.

Batang kohl rabi dilapisi oleh lapisan-lapisan fibrosa yang tidak akan melembut meski dimasak, jadi harus dikupas dahulu sebelum dimasak atau jika ingin dikonsumsi mentah. Mungkin hasilnya akan membuat kohl rabi sedikit lebih kecil jika dibandingkan sebelum dikupas.

Daunnya juga dapat dimakan sebagai salad atau dimasak, seperti daun kale dan colard hijau. Batangnya yang bengkak itu bisa dimakan mentah atau dimasak. Rasa dan teksturnya manis seperti batang brokoli tapi lebih ringan dan lebih manis.

Saya coba menanam ini kira-kira sudah lebih dari 2 bulan dan perkembangannya belum begitu signifikan meski sudah terlihat 'bengkak' nya. Mungkin Kohl rabi seperti kubis pada umumnya butuh dataran tinggi dan musim yang dingin, sementara di tempat tinggal saya cuaca sedang panas.

Mungkin ada yang ingin bercocok tanam sayuran ini di Indonesia, siapa tahu memiliki nilai ekonomis yang tinggi?

Selamat berkebun

0 Response to "Sayuran bengkak si Kohl Rabi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel