Tips Berkebun Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar

 
Halo teman-teman, sudah lama tidak update artikel di blog ini, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan informasi kepada teman-teman sekalian mengenai tips untuk berkebun bagi kamu yang masih pemula.

Berkebun itu bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, semua orang bisa berkebun dan pastinya juga membutuhkan pengalaman bagaimana cara memilih jenis tanaman yang bagus untuk berkebun, menggunakan lahan secara efektif dan proses perawatan yang harus benar-benar bisa memberikan hasil yang maksimal. Saat ini harga penjualan tanaman-tanaman hasil berkebun memiliki profit yang cukup tinggi, bahkan hingga ke mancanegara.

Orang yang berkebun pastinya sudah paham seperti apa proses berkebun yang baik dan benar bahkan hingga ke proses penjualan hasil tanaman kebun. Dalam hal ini ada beberapa proses atau tips dalam berkebun yang baik dan benar. Berikut ulasannya.

Tips berkebun yang baik dan benar:

  • Pilih jenis tanaman yang sesuai kondisi pencahayaan
Yang pertama dalam memilih jenis bibit tanaman berkebun yang baik adalah dengan memilih jenis tanaman yang sesuai dengan sistem pencahayaan yang lebih baik terutama menyesuaikan pencahayaan yang sesuai dengan lingkungan kamu. Untuk pemilihan bibit kebun lebih baik gunakan jenis bibit tanaman sayuran konsumsi. Selain mudah tumbuh, perawatannya juga lebih mudah di bandingkan dengan jenis tanaman hias atau tanaman lainnya.
  • Persiapan lahan yang sesuai


Yang kedua jangan lupakan untuk persiapan lahan sebagai proses pembibitan tanaman, lahan yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan jenis bibit. Bila tanaman seperti bayam atau kangkung, lebih baik gunakan lahan yang tidak terlalu luas, karena proses pertumbuhannya jauh lebih mudah dan hemat tempat. Selain itu perawatan untuk jenis tanaman ini jauh lebih mudah dan tidak memakan biaya yang besar, Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan bibit unggul bisa menggunakan proses persemaian terlebih dahulu agar bibit benar-benar bisa tumbuh dengan baik.
  • Proses perawatan tanaman
Dalam merawat bibit tanaman guna memaksimalkan pertumbuhan, alangkah lebih baiknya kalau perawatan di lakukan sesering mungkin, perawatan tanaman yang paling ideal dalam berkebun adalah 2 hari sekali. Hal tersebut sudah meliputi pemeliharaan tanaman, penyulaman tanaman yang mati dan juga pemberian pupuk. Untuk penyiraman lebih baik jika dilakukan sehari sekali, karena kebutuhan air pada tanaman juga sama dengan kebutuhan air semua makhluk hidup. Untuk perawatan tanaman seperti bayam dan kangkung, lebih baik penggunaan air sedikit lebih banyak misalnya di pagi dan sore hari. Karena kebutuhan air untuk jenis tanaman ini jauh lebih besar di bandingkan tanaman lainnya. Untuk masalah perawatan sendiri yang paling susah adalah jika ada serangan gulma atau hama seperti belalang dan juga ulat. Untuk itu sediakan pupuk yang bukan hanya berfungsi untuk pertumbuhan tanaman saja melainkan juga mampu membunuh hama penyakit.
  • Proses penyiangan tanaman
Yang kedua adalah proses penyiangan tanaman. Pada tahap ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan yang pertama adalah penyiangan tanaman yang mati, pada tahap penyiangan perlu di perhatikan juga daun-daun yang sudah mati atau sudah menguning. Bisa di ambil dari batang tanaman, ingat juga untuk pengambilan daun yang sudah mati juga harus pelan-pelan karena bisa jadi menyebabkan tanaman malah menjadi stress. Kemudian yang kedua dalam penyiangan juga perlu di perhatikan mana tanaman yang tumbuh secara normal atau terserang penyakit. Biasanya tanaman yang terserang penyakit terlihat dari daunnya yang berbintik-bintik atau ada noda hitam. Bisa jadi karena serangan ulat atau juga serangan dari belalang. Untuk itu lakukan penyiangan secara maksimal, minimal 1 minggu sekali untuk proses penyiangan.

Hal- Hal yang disiapkan sebelum berkebun
1. Bibit tanaman

Yang pertama dalam memilih bibit tanaman yang baik adalah dengan memilih jenis bibit yang lebih unggul, biasanya bibit unggul harganya sendiri jauh lebih mahal di bandingkan dengan bibit yang biasa saja. Untuk mengetahui apakah bibit tersebut merupakan bibit unggul atau tidak bisa di tes dengan air bersih. Coba masukkan semua biji bibit yang siap tanam ke dalam air gelas, jika ada bibit yang tenggelam, Bisa di pastikan itu bibit terbaik untuk di tanam. Namun jika ada bibit yang tenggelam, bisa di pastikan itu bibit yang kurang baik untuk di jadikan bibit tanaman kebun. Untuk proses perendaman bibit yang paling baik adalah dengan cara di rendam selama 12 jam di dalam air sebelum siap di tanam. Lebih bagus jika selama 24 jam.

2. Media tanam

Yang kedua adalah persiapan media tanam, untuk persiapan media tanam sendiri yang pertama adalah media tanam untuk persemaian. Media tanam untuk persemaian sendiri bisa menggunakan nampan atau tempat yang lebih besar. Kemudian setelah itu siapkan tanah hitam dan pupuk humus yang bagus untuk pertumbuhan. Kemudian setelah itu kamu bisa sebarkan bibit yang sudah siap tanam tadi di nampan yang sudah di sediakan secara merata. Ingat jarak antara bibit satu dengan yang lainnya juga harus di batasi. Jangan terlalu mepet dan juga jangan terlalu renggang. Hemat tempat dan juga kebutuhan nutrisi menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk di perhatikan.

3. Pupuk

Yang kedua adalah pemilihan jenis pupuk, untuk pemilihan jenis pupuk yang paling bagus adalah pupuk kompos, pupuk kompos banyak digunakan oleh petani dan juga orang-orang yang suka berkebun. Selain aman di gunakan, jenis pupuk ini sama sekali tidak mengandung zat adiktif dan kaya akan nutrisi nitrogen yang dibutuhkan oleh tanaman terlebih pada bagian vegetatif tanaman yang masih aktif tumbuh seperti ujung akar dan tunas.

4. Lahan

Persiapan lahan juga harus di pikirkan, lahan terbaik untuk jenis tanaman konsumsi seperti bayam, cabai, kangkung, sawi dan lain-lain sekitar 4 x 4 meter. Jika ingin lebih besar pastikan pemilihan lahan juga tepat. Jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu lembab.

Nah itulah beberapa tips untuk berkebun yang baik dan benar.

Selamat Berkebun!

0 Response to "Tips Berkebun Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel