-->

Fakta dan manfaat Daun Sirih

Daun sirih mungkin nampak seperti tanaman biasa saja, tapi kenyataannya tanaman ini masuk ke dalam keluarga tanaman obat dan menjadi rujukan berbagai keperluan pengobatan dan bahkan kosmetika.

Dan inilah fakta mengenai daun sirih:


1. Sirih atau piper bettle masuk dalam genus piper, tumbuh merambat hingga tinggi 15meter dan mengeluarkan bau yang sangat khas terlebih bila diremas.

2. Sirih adalah tanaman evergreen dan dianggap sebagai tanaman abadi, bahkan bentuknya yang dianggap menyerupai hati 'heart shape' adalah karunia Tuhan.

3. Kegiatan mengunyah sirih yang dicampur buah pinang, gambir, tembakau dan kapur sudah ada sejak jaman dahulu kala, bahkan di beberapa kebudayaan dianggap suatu kehormatan bila diberi sepaket alat menginang ini oleh raja atau bangsawan.

4.Teks kuno Sanksrit juga menyebut sirih, seperti juga bangsa India, Melayu dan China yang mempercayai khasiat sirih dalam pengobatan mereka. Bahkan dipercaya memiliki khasiat untuk kegiatan seksual karena memiliki zat aromatik yang menghangatkan.

5. Daun sirih mengandung antiseptik yang bermanfaat mencegah gigi berlubang, menghilangkan bau mulut, menghilangkan bau badan karena jamur dan bakteri dan menyembuhkan luka.

6. Sirih mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Dan kandungan fenol pada minyak atsiri sirih 5 kali lebih kuat dari senyawa fenol lainnya.

7. Kita dapat membuat pestisida nabati berbahan sirih hutan untuk menyingkirkan hama penghisap karena kandungan fenol dan kavokolnya. Cara Pembuatan:
- Tumbuk halus 1 kg daun sirih hutan segar, 3 siung bawang merah, 5 batang serai.
- Tambahkan air 8 – 10 liter air, 50 gr deterjen atau cairan pencuci piring dan diaduk rata.
- Saring dengan kain halus
- Siap disemprotkan ke tanaman.

8. Bau dan rasa daun sirih ditentukan oleh jenis sirih itu sendiri, umur sirih, jumlah sinar matahari ke tanaman dan kondisi dedaunan bagian atas.

9. Di Indonesia dan Malaysia. sirih juga dimasukkan dalam adat pernikahan sebagai seserahan.

Nah itulah manfaat dan fakta daun sirih, meski yang saya tulis cuma sebagian saja dari fakta sebenarnya mengenai sirih tapi semoga cukup memberi info ya.

Selamat berkebun

0 Response to "Fakta dan manfaat Daun Sirih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel