-->

Tanaman penjernih udara di dalam ruangan

tanaman hias penjernih udara

Di akhir 80-an, NASA dan Associated Landscape Contractors of America telah mempelajari tanaman hias sebagai salah satu cara untuk memurnikan udara dalam ruangan. Mereka juga menemukan fakta bahwa ternyata beberapa tanaman dapat menyaring volatile organic compound atau senyawa organik umum yang mudah menguap. Studi-studi lain yang telah diterbitkan dalam Journal of American Society of Horticultural Science pun menjelaskan lebih lanjut secara ilmiah tentang hal ini, bahwa beberapa jenis tanaman dapat membantu membersihkan udara dalam ruangan di Bumi, yang biasanya tak kalah terpolusi dibanding udara di luar ruangan. Apa sajakah tanaman-tamanan itu, ayo kita kupas satu persatu:
1. Lidah buaya
gambar diambil dari www.ikea.com
Tanaman ini berupa sukulen yang cinta sinar matahari dan mudah berkembang biak. Lidah buaya atau aloe vera dapat membersihkan formaldehida dan benzena, yang biasanya merupakan gas sampingan di produk pembersih, cat rumah, dll. Jadikanlah lidah buaya hiasan di jendela dapur karena selain mampu membersihkan udara, gel yang ada didalamnya juga dapat menyembuhkan dan meredakan luka terkena pisau dan terbakar.

2. Tanaman laba-laba/ Spider plant (Chlorophytum comosum)
gambar diambil dari en.wikipedia.org
Apakah kamu tergolong yang malas menyiram dan merawat tanaman? Spider plant atau Lili Paris ini sangat cocok untuk dipelihara. Tanaman yang kaya dedaunan dan bunga putih kecil ini menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, sejenis pelarut yang digunakan dalam industri kulit, karet dan pencetakan. Sebagai bonus tambahan, tanaman ini juga dianggap sebagai tanaman hias aman jika anda memiliki hewan peliharaan di rumah.

3. Gerber daisy (Gerbera jamesonii)
gambar diambil dari www.armstronggarden.com
Si tanaman berbunga cerah ini efektif menghilangkan trichloroethylene, yang mungkin anda bawa pulang dengan dry cleaning anda. Ini juga baik untuk menyaring benzena yang ada di tinta. Tempatkan satu Gerber daisy ke ruang cuci Anda atau kamar tidur, anggap saja anda memberikan tambahan warna di ruang itu.

4. Tanaman ular (Sansevieria trifasciata 'Laurentii')
gambar diambil dari www.gardenista.com
Juga dikenal sebagai lidah mertua, tanaman ini adalah salah satu yang terbaik untuk menyaring formaldehida, yang umum dalam produk pembersih, kertas toilet, jaringan dan produk perawatan pribadi. Tempatkan satu di kamar mandi anda, lidah mertua akan tetap berkembang dengan cahaya yang minim dan kondisi lembab beruap sambil membantu menyaring polutan udara.


5. Pothos emas (Aures Scindapsus)
gambar diambil dari http://exoticplantsltd.com/great-gifts/
 Tanaman ini juga kuat untuk mengatasi formaldehida. Pertimbangkan untuk diletakkan di garasi Anda karena knalpot mobil diisi dengan formaldehida. Golden photos juga dikenal sebagai ivy setan, tetap hijau bahkan ketika disimpan dalam gelap.

6. Krisan (Chrysantheum morifolium)
gambar diambil dari www.lucasgreenhouses.com
Bunga-bunga krisan berwarna-warni dari seorang ibu dapat melakukan lebih banyak daripada mencerahkan kantor rumah atau ruang tamu. Krisan yang mekar juga membantu menyaring benzena, yang umumnya ditemukan di lem, cat, plastik dan deterjen. Karena tanaman ini menyukai cahaya terang, anda akan perlu untuk menemukan tempat di dekat jendela yang terbuka dengan sinar matahari langsung.

7. Dracaena bertepi merah (Dracaena marginata)
gambar diambil dari www.lowes.com
Tepi merah dracaena ini memiliki warna yang cantik, dan semaknya dapat tumbuh mencapai langit-langit rumah anda. Tanaman ini yang terbaik untuk menghilangkan xylene, trichloroethylene dan formaldehida, yang dapat terbawa ke udara dalam ruangan melalui lak, pernis dan bensin.

sumber: http://www.mnn.com

0 Response to "Tanaman penjernih udara di dalam ruangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel