-->

Buah Srikaya, Mudah ditanam dan Banyak manfaat

Sugar Apple atau buah srikaya adalah buah yang mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Cara  menanamnya tidaklah sulit, bahkan jika kamu hanya punya sebuat pot besar, maka letakkan biji srikaya di dalamnya dan tak lama kemudian akan tumbuh bibit srikaya baru.
sumber gambar https://www.heavenly-products.com

Cara perawatannya pun gampang, setelah akar pohon cukup kuat, letakkan saja di depan rumah atau pekarangan yang terkena air hujan dan sinar matahari dengan baik, jangan lupa beri pupuk secara berkala dan sesuai dosis. Secara normal, pohon srikaya yang sehat akan berbuah kurang dari 1 tahun setelah ditanam.

Srikaya memiliki banyak manfaat, seperti daunnya yang digunakan sebagai ramuan disentri dan infeksi saluran kemih pada obat tradisional Thailand dan India. Orang Mexico juga memakai daun srikaya dengan cara menggosokan daun ke lantai pada kandang ayam untuk mengusir kutu.

Dalam penelitian terhadap 100gram buah srikaya, terdapat energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram.

Selain buah yang manis  dan mengandung serat yang baik bagi tubuh, biji buah bisa dipakai untuk membasmi kutu pada hewan dan manusia. Caranya, tumbuk halus biji lalu beri air dan saring, gunakan air tersebut untuk keramas atau memandikan hewan. Bisa juga mencampur gilingan biji srikaya dengan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit kepala dan tutup selama 30 menit. Dijamin kutu rambut akan punah setelah menggunakan ramuan ini ^_^

Kandungan kimia pada srikaya yang mampu membasmi hama tanaman bahkan sudah dipatenkan Bayer AG dalam hal mengekstraksi acetogenin dari biji, kulit dan daun sebagai biopestisida.

Jika kamu tertarik menggunakan srikaya sebagai pengobatan alternatif, ada baiknya berkonsultasi kepada ahli herbal agar dosis yang dipakai tidak salah ya.

Salam berkebun n_n



0 Response to "Buah Srikaya, Mudah ditanam dan Banyak manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel