Mari mengenal Buah Ara Alias Buah Tin yang Kaya Manfaat


Buah Ara atau yang populer disebut buah Tin sebenarnya berasal dari Timur Tengah dan Asia Barat. Tanaman Ara atau nama latinnya Ficus Carica adalah spesies tanaman berbunga Asia di keluarga murbei.


Sejak zaman dahulu pohon tin sudah dibudidayakan di berbagai belahan dunia baik untuk diambil buahnya atau sebagai hiasan. Dan belakangan ini mulai populer dibudidaya di Indonesia meski sebenarnya sudah lama dikenal khasiatnya di dunia barat.
Bagi pemeluk 3 agama mayoritas di dunia ini yaitu Islam, Kristen atau Katolik, buah Ara adalah buah yang istimewa sekaligus kontroversial karena disebutkan dalam kitab suci yang mereka anut. Tapi soal ini lebih jauh silahkan googling sendiri ya.

Buah ara dapat dimakan jika sudah matang, Karena jenisnya juga bermacam-macam, buah ara yang matang bisa berwarna hijau cokelat, kuning atau ungu gelap. Persamaan dari buah ara yang telah matang adalah bertekstur empuk dan berbau manis.

Manfaat Buah Ara

Buah ara sebanyak 50 gram mengandung 37 kalori, dan jumlah yang sama juga mengandung rata-rata 1,45 gram serat, 116 g kalium, 0,06 mg mangan, dan 0,06 vitamin B6. Dengan kandungannya yang begitu baik bagi tubuh buah ara bisa dinikmati dalam bentuk buah segar maupun kering.

Dilansir oleh Medical Daily, beberapa manfaat buah ara bagi tubuh antara lain:

Melancarkan bab dan cocok bagi pelaku diet

Kandungan serat buah ara yang tinggi dapat menyerap kelebihan air dalam perut sehingga dapat melancarkan buang air besar. Ara juga mengandung ficin, enzim yang mampu memetabolisme protein menjadi asam amino, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Melawan kanker

Buah ara mengandung fitokimia "benzaldehida," semacam bahan aktif yang ditemukan melalui ekstraksi jus yang memiliki kemampuan melawan kanker. Sebuah studi 2012 menemukan bahwa ara merupakan sumber senyawa bioaktif, seperti fenolat, coumarin, dan asam lemak, yang berpotensi mengobati kanker kulit non-melanoma.
Bagi wanita yang sudah menopause juga disarankan secara teratur meningkatkan asupan buah ara karena mengurangi resiko kanker payudara.

Menurunkan resiko hipertensi

Orang yang sering mengkonsumsi garam namun jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran akan memiliki resiko tinggi terhadap penyakit hipertensi. Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara yang menyenangkan salah satunya adalah dengan buah ara yang kaya kandungan kalium dan mineral. 

Disfungsi S3ksual

Ada kandungan afrosodiak dalam buah ara yang dapat mengobati kelemahan seksual. Buah ini merangsang sekresi yang tepat dari hormon se3s sehingga berfungsi sebagai obat disfungsi s3ksual.

Cara mengkonsumsi buah ara

Menurut wikihow ada beberapa tips memilih buah ara matang yang baik:
  • pilihlah buah ara yang empuk/ tidak keras, terlihat baik secara fisik alias tidak terdapat memar atau sobek.
  • hindari buah ara yang ada jamur di atasnya atau baunya masam
  • jika membeli buah ara yang masih segar bisa disimpan dalam lemari es maksimal 3 hari, dan jangan lebih lama dari itu
Setelah dibeli cucilah buah ara dengan air bersih dan mengalir. Jangan gunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang melekat di kulitnya tapi cukup dengan diusap tangan saja.

Buah ara yang sudah dicuci bisa langsung dimakan, dikeringkan atau bisa juga dicampur bahan siap makan seperti yogurt atau salad sayuran atau dapat pula dibuat berbagai macam olahan makanan seperti selai.
  Jika ingin lebih tahan lama buah ara dapat dikeringkan lebih dulu dengan cara:
- cuci bersih
- belah dua buah ara, tempatkan dalam wadah bersih
- jemur di bawah terik sinar matahari sampai sore.
- butuh waktu 2 hari untuk benar-benar kering
- gunakan kelambu nyamuk jika takut terkena debu atau dihinggapi lalat

Demikian sekilas info tentang buah ara, semoga bermanfaat!

0 Response to "Mari mengenal Buah Ara Alias Buah Tin yang Kaya Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel