Pepaya, Berguna Tak Cuma Buahnya Saja

Pepaya, sebuah nama tanaman yang tidak asing di negara topis seperti Indonesia bahkan bisa tumbuh dengan mudah dari biji yang kita lempar ke tanah. Sungguh suatu berkah dari Tuhan yang Maha Esa untuk tanah negara kita.

Apa yang bisa dimanfaatkan dari Pepaya:
Orang mengenal pepaya sebagai tanaman yang bisa dimanfaatkan dari ujung daun sampai ke batangnya. Dan kali ini pekebundodol pengen mengupasnya satu persatu:

1. Daun
Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam yaitu:
  • vitamin A 18250 SI,
  • vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram,
  • vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, 
  • kalori 79 kal per 100 gram, 
  • protein 8,0 gram per 100 gram, 
  • lemak 2,0 gram per 100 gram, 
  • hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram
  • kalsium 353 miligram per 100 gram,
  • air 75,4 gram per 100 gram.
Daun pepaya juga mengandung carposide (karposit), yaitu senyawa yang terdapat pada getah pepaya, yang berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya juga mengandung zat papain yang tinggi. Zat inilah yang menjadikan daun pepaya terasa pahit, namun efeknya justru dapat meningkatkan nafsu makan.

2. Bunga
Bunga pepaya ternyata juga bisa dikonsumsi meski agak terasa pahit. Dipercaya mengandung flavonoid dan antioksidan yang menangkal radikal bebas masuk ke tubuh.  Orang-orang jaman dahulu sering menyantap masakan bunga pepaya untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar insulin bagi penderita diabetes.

3. Batang pohon
Batang tanaman pepaya berbentuk bulat dan agak berongga akibat pemutusan pada tangkai batang daunnya. Kandungan batang pepaya antara lain 5,24% karbohidrat, 2,74% serat, 0,32% protein dan 82,32% air.

Dengan kandungan tersebut batang pohon pepaya juga dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan obat herbal oleh masyarakat di beberapa wilayah negeri kita. Getah yang keluar dari sayatan pada batang pohon pepaya dipercaya dapat membantu mengeluarkan slusupen (kena duri) pada kulit manusia.

4. Buah
Buah pepaya banyak digemari orang karena rasanya yang manis jika sudah matang. Tapi yang belum matang pun juga bisa ditumis atau dibuat salad. Kandungan antioksidan seperti karoten, flavonoid dan vitamin C, vitamin B (folat dan asam pantotenat) terdapat dalam buah pepaya dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Pepaya sangat dikenal khasiatnya dalam memperlancar pencernaan, itu karena kandungan seratnya yang tinggi. Tapi sebenarnya pepaya juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan betacaroten dan zeaxanthinnya mampu menyaring sinar biru yang merusak mata. Khasiat lainnya menguatkan tulang dengan kandungan vitamin K serta vitamin A yang menyuburkan rambut

5. Biji
Sama seperti bagian lain tanaman pepaya, biji yang biasanya dibuang saat memakan buahnya ternyata punya banyak manfaat. Kandungan papain yang tinggi dalam biji pepaya membantu pencernaan protein. 

Parasit dalam usus seperti cacing juga bisa dibunuh menggunakan jus biji pepaya yang dicampur ke dalam susu, sebuah terapi di Nigeria untuk mengatasi cacingan pada anak-anak.

Namun biji pepaya juga dapat menurunkan produksi sperma pria dan kesuburan pada wanita, serta lebih baik dihindari bagi ibu menyusui karena anti parasitnya dapat melewati air susu dan melukai pencernaan si kecil.

Menanam Pepaya


Pepaya termasuk dalam famili Caricaceae. Tanaman ini mudah tumbuh di mana saja meski berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat, serta kawasan sekitar Meksiko dan Costa Rica.

Saya punya pohon pepaya yang secara tidak sengaja tumbuh di pot besar depan rumah. Padahal bijinya dulu hanya dari sampah rumah tangga yang dibuang di sana. Itu salah satu bukti menumbuhkan tanaman ini cukup mudah dan tidak rewel. Karakteristik tanaman pepaya dapat tumbuh maksimal jika ditanam dengan ketentuan berikut:
  1. Tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian 500 – 1000 meter diatas permukaan laut.
  2. Jenis tanah gembur, subur dan banyak mengandung humus.
  3. PH tanah 6 – 7.
  4. Curah hujan 1000 – 2000 mm / th.
  5. Suhu udara 23 – 27 derajat celcius


Olahan Pepaya

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengolah daun dan bunga pepaya dengan cara direbus sebagai lalapan atau dioseng dan dicampur teri. Selain itu buahnya pun populer sebagai bahan rujak. Pepaya juga bisa dijadikan manisan atau es buah, kripik, dodol atau puding pepaya.

Buah pepaya yang murah dan mudah didapat sepanjang tahun merupakan sumber pangan yang sangat baik bagi seluruh keluarga. Jadi jangan ragu untuk menanam sendiri pohon pepaya atau membelinya di pasar secara rutin.

Salam berkebun!

2 Responses to "Pepaya, Berguna Tak Cuma Buahnya Saja"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel