-->

Kubis merah yang kaya manfaat dan bernilai tinggi




Sebelum menjadi pekebun dodol, saya cuma mengenal kubis berwarna putih dan hijau. Tapi semenjak hobi menanam, baru mengerti deh, ternyata ada juga kubis berwarna merah.

Kubis merah atau red cabbage (Brassica oleracea) ini kadang disebut juga kubis ungu. Warna daunnya merah ungu tetapi warnanya dapat berubah sesuai ph tanah, hal ini disebabkan pigmen anthocyanin, pada tanah yang asam kubis akan berwarna lebih merah, sedangkan di tanah yang netral kubis akan berwarna lebih ungu, dan di tanah yang ph-nya basa akan cenderung berwarna kehijauan atau kekuningan.

Sayuran ini sangat popular di dunia barat sebagai salad. Orang dapat mengkonsumsi dalam bentuk mentah ataupun dimasak lebih dahulu.

Di Indonesia kubis merah masih dianggap sayuran mahal karena harganya yang berkali lipat dibandingan kubis putih. Jika kubis putih 500gram hanya dihargai 5000 di supermarket maka kubis merah bisa seharga 20.000 dengan berat yang sama. Oleh karena itu sebenarnya budidaya kubis merah dapat dijadikan peluang bagi petani.

Seperti pada umumnya kubis atau kol, tanaman ini dapat tumbuh secara maksimal bila ditanam pada dataran tinggi min 800m, mengalami curah hujan yang cukup dan suhu udara di antara 15-20 derajat celcius. Oleh karena itu daerah Lembang dan Cipanas terkenal sebagai penghasil kubis merah di Indonesia.

Bagi yang ingin menanam kubis merah ikuti pengalaman pekebun dodol bawah ini:

1. Semai benih dengan cara merendam dengan air hangat (bukan panas ya) atau air biasa selama 30m menit, lalu tanam di media tanam yang sudah dicampur kompos dengan perbandingan 1:1. Jangan letakkan benih persemaian di tempat yang terkena terik matahari.

2. Sirami secara hati-hati setiap hari. Setelah umur kubis mencapai satu bulan bolehlah dipindah ke tempat terbuka.

3. Tanah yang dipakai untuk menanam kubis akan cepat kehabisan unsure hara, oleh karena itu pupuklah secara berkala sesuai aturan, tergantung pada pupuk yang digunakan.

4. Kol adalah tanaman yang mudah diserang ulat, jadi berhati-hatilah jangan sampai hama ini menghabiskan tanaman kol kamu sebelum masa panen.

5. Bila masa hujan tiba kol tidak perlu disiram terlalu sering apalagi sampai tergenang karena akan mudah busuk, sementara itu jika musim panas jaga jangan sampai kering.

Jika sukses maka dalam 3 bulan kamu sudah bisa memanen kol merah ini.

Kandungan glucosinolates dan anthocyanin yang termasuk antioksidan pada kubis merah dipercaya mampu menangkal kanker dan menurunkan kandungan kolesterol dalam darah. Selain itu, konsumsi kubis digunakan sebagai salah satu makanan diet serta mampu mengobati radang lambung karena kandungan seratnya (Rapid healing of peptic ulcers in patients receiving fresh cabbage juice. Cheney G. California Medicine. 1949 January; 70(1): 10-15.)

Jadi mulai sekarang cobalah mengkonsumsi kubis berwarna terang ini sebagai salah satu asupan nutrisimu. Kalau bisa dikonsumsi mentah lebih baik karena kandungan vitaminnya akan larut dalam air jika dimasak.

Atau mungkin ada yang ingin menjadi petani kubis merah, siapa tahu bisa menjadi pemasok komoditas dan diekspor karena kebutuhan red cabbage sangatlah tinggi di luar negeri, terlebih keuntungan yang sangat menggiurkan.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat.

Share jika kamu suka ya

0 Response to "Kubis merah yang kaya manfaat dan bernilai tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel